https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
EKSPERIMEN MODEL VAN HIELE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI BANGUN RUANG | Ni’mah | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

EKSPERIMEN MODEL VAN HIELE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI BANGUN RUANG

Siti Faidatun Ni’mah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah yang dikenai model Van Hiele dengan yang dikenai model konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 1 Prembun Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 62 siswa  dari dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen  dan VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi untuk kemandirian belajar siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji multivariat dilanjutkan uji univariat secara terpisah. Berdasarkan perhitungan disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah yang dikenai model Van Hiele dengan yang dikenai model konvesional, (1) kemandirian belajar siswa yang dikenai model pembelajaraan Van Hiele lebih baik dari kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikenai model pembelajaraan Van Hiele lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i2.4378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.